/ #thinkpad #bios 
2 minutes read | 247 words

Memperbaiki Thinkpad X1 Carbon Blinking Cursor

Berawal dari akhir tahun kemarin, laptop Thinkpad X1 Carbon tiba-tiba saat dihidupkan stuck blank screen dan blinking cursor. Mencoba menekan tombol F1 atau F2 dan kombinasi tombol Fn untuk akses ke bios ternyata sudah tidak bisa, saat itu hanya bisa mengakses Lenovo diagnostics melalui tombol F10. Laptopnya butuh direparasi dan langsung saja dibawa ke service center daerah Mangga Dua berharap masih ada garansi eh! ternyata oh ternyata masa garansi sudah lewat sekitar 2 minggu. Mau bagaimana lagi, dititipkan saja untuk diperbaiki semoga. Saat itu berharap semoga masih bisa diperbaiki.

Ceritanya disingkat saja, sudah 3 bulan laptop tidak ada perkembangan. Tepatnya kemarin laptop saya ambil dan bawa pulang karena pihak service center sudah “menyerah” tidak bisa diperbaiki katanya. Singkat cerita, saya memutuskan untuk memperbaiki sendiri dengan modal ilmu lama yang sudah lama tidak pernah saya praktekin lagi. Oh iya, saya pernah menjadi teknisi komputer di Aceh sekitar 8 tahun yang lalu sebelum mengenal/menggunakan F/LOSS dan hijrah ke Jabodetabek.

Perbaikan pertama mencoba untuk clear CMOS, jadinya laptop langsung dibongkar untuk melepas konektor CMOS.

Namun setelah reset CMOS, masalah belum juga teratasi.

Akhirnya percobaan selanjutnya mencoba booting OS menggunakan eksternal DVD, kali ini mencoba DVD Endless OS. Setelah laptop dihidupkan tekan tombol F12 beberapa saat sampai bunyi beep sekali dan langsung tekan ESC, amazing langsung muncul Endless OS. Sudah ada titik cerah, terakhir melakukan booting DVD Windows install dan update bios dari windows menggunakan Lenovo System Update

Dari situ ketahuan masalahnya: The non-volatile system UEFI variable storage is nearly full.

Author

Mhy

Jép Kupie Nak Bek Pungoe

Jakarta - Aceh, ID